15069-ilustrasi-malnutrisi-akibat-diet-ketat

Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional 2021, Ini 10 Bahaya Kekurangan Nutrisi

Suara. com berantakan Hari Gizi Nasional yang dirayakan setiap tanggal 25 Januari, membuka pandangan betapa pentingnya gizi atau nutrisi di pada tubuh. Di Hari Gizi Nasional 2021 ini, pemerintah membuat tema ‘Remaja Sehat, Bebas Anemia’ secara slogan ‘Gizi Seimbang, Remaja Bugar, indonesia Kuat’.

Fokus perayaan Hari Gizi Nasional ini yaitu pada permasalahan yang terjadi di usia muda. Masih banyak remaja di Nusantara yang mengalami kekurangan atau kelebihan gizi sehingga bisa menyebabkan malnutrsi dan obesitas. Selain itu, inti anemia juga menjadi perhatian, karena berdasarkan data masih banyak taruna yang mengalami kekurangan sel pembawaan merah atau anemia.

Kekurangan gizi juga bisa berakibat malnutrisi pada tubuh, yakni kondisi di mana tubuh tidak mendapat cukup gizi atau nutrisi, sehingga mengakibatkan tubuh terserang bervariasi penyakit, salah satunya anemia dengan menjadi tema Hari Gizi tahun ini. Berikut adalah dampak lain yang bisa ditimbulkan akibat kenistaan nutrisi pada tubuh.

Pada Urat dan Tulang
1. Mobilitas
Otot dan tulang sangat memengaruhi bani adam untuk beraktivitas. Otot dan tangkas yang lemah akan mempersulit seseorang untuk beraktivitas, seperti berjalan, berpakaian, memasak, mandi, dan lain-lain. Pekerjaan yang menggunakan otot dan tangkas ini sangat memerlukan protein, kalsium, dan vitamin D dalam tubuh. Kekurangan zat tersebut dapat membuat otot dan tulang lemah.

Baca Juga: Rentan Kekurangan Nutrisi, Ketahui Mikronutrien yang Bagus untuk Wanita

2. Postur
Cela gizi pada tubuh akan mempengaruhi postur. Pada dasaranya, postur terbentuk dari otot dan tulang dengan ada pada tubuh. Jika kekurangan gizi pada otot dan tulang, maka postur yang terbentuk tidak baik.

3. Kekuatan
Kekurangan gizi akan membuat otot menjadi lemah sehingga memperngaruhi kekuatan seseorang dalam menjalankan berbagai aktivitas.

4. Jatuh
Seseorang yang memiliki gizi buruk betul berisiko saat terjatuh. Hal tersebut karena tulang dan sendi orang tersebut menjadi lemah karena tidak cukup gizi. Terjatuh dapat berisiko yang buruk seperti patah tangkas atau cedera lainnya, bahkan di dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kematian.

Sistem Kekebalan Tubuh dan Penyembuhan
5. Penyembuhan
Nutrisi tubuh memengaruhi pemulihan. Hal ini karena luka memerlukan energi, protein, vitamin, dan mineral untuk sembuh. Jika kekurangan gizi atau nutrisi, akan menyebabkan luka pada tubuh lebih sulit untuk melakukan penyembuhan.

6. Kanker
Kekurangan gizi juga berisiko menyebabkan kanker. Tidak hanya itu, kekurangan gizi akan membuat awak lebih sulit untuk mentolerir kemoterapi. Hal ini membuat kanker semakin parah dan sulit untuk diobati.

Baca Juga: Makan Makanan Sama Setiap Hari Sebabkan Malnutrisi, Begini Cara Mencegahnya!

7. Penyakit
Ketika tubuh kekurangan nutrisi, jumlah sel darah putih mampu menurun, sehingga tubuh lebih suram untuk menyembuhkan diri dan melawan penyakit. Selain itu, kekurangan gizi dapat menyembabkan sistem kekebalan dengan buruk. Hal ini dapat memajukan risiko penyakit dan infeksi di dalam tubuh.