o_19riq34nr14tv4t0lr6tppbnna

Belajar: Bayi Laki-Laki Prematur Mampu Menua Lebih Cepat masa Dewasa

Suara. com – Bayi pria yang beratnya kurang sebab 1 kilogram saat ada cenderung lebih cepat menua saat dewasa. Hal tersebut dinyatakan dalam studi dengan diterbitkan pada jurnal Pediatrics.

Melansir dari Medicinenet , peneliti Kanada telah mengikuti sekelompok bayi dengan berat lahir sangat aib (ELBW) dan bayi dengan berat badan normal sejak 1977. Ketika peserta berusia awal 30-an, para penyelidik membandingkan gen dari 45 bayi ELBW dengan 47 bayi yang berat lahirnya normal.

Setelah memperhitungkan masalah kesehatan yang dapat memengaruhi, para peneliti menemukan bahwa setidaknya secara biologis anak laki-laki dini lima  tahun menua bertambah cepat dari anak laki-laki yang lahir  dengan berat badan normal. Perbedaan itu tidak ditemukan pada bujang perempuan.

“Meskipun tidak sahih mengapa penuaan biologis yang dipercepat terlihat pada anak-anak ELBW, ini menunjukkan kalau paparan prenatal memainkan kedudukan penting dalam penuaan, ” kata penulis pertama Dr. Ryan Van Lieshout, seorang profesor psikiatri dan pengetahuan saraf perilaku di Universitas McMaster di Hamilton, Ontario.

Membaca Juga: Budak Prematur Membutuhkan Perawatan Istimewa, Ini Alasannya

Ilustrasi Bayi Dini. (Shutterstock)

Timnya mencatat bahwa tingkat penuaan dapat dipengaruhi sebab tekanan biologis di dalam rahim dan di unit perawatan intensif saat  terakhir lahir.

“Ini tentu selalu menyoroti kebutuhan untuk memeriksa kesehatan bayi prematur sepanjang hidup mereka dan bertambah banyak penelitian lanjutan perlu dilakukan, ” katanya di dalam rilis berita universitas.  

“Mengoptimalkan kesehatan selama kala dewasa termasuk pola prasmanan seimbang, menghindari rokok, tidur dan olahraga yang benar, manajemen stres, stimulasi mental dan pengembangan jaringan baik yang kuat diperlukan, ” kata Van Lieshout.