78365-telur-ceplok

Bahayakah Makan Telur Setiap Keadaan? Ahli Beri Penjelasan

Bahana. com – Telur selama ini dikaitkan dengan kolesterol, sehingga banyak diantara kita yang sangat membatasi konsumsinya. Di sisi lain, banyak orang yang suka sekali dengan telur sehingga hampir memakannya tiap hari. Sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh jika seseorang makan telur setiap hari? Apakah bakal berbahaya?

Penelitian menunjukkan kalau mengonsumsi makanan yang luhur kolesterol, seperti telur, sungguh dapat sedikit meningkatkan kolesterol seseorang. Tetapi hal asing yang perlu dipertimbangkan.

Peter Schulman, MD, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di University of Connecticut, mengatakan menetapkan mempertimbangkan rasio kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan HDL (kolesterol baik).

“Telur meningkatkan HDL ke tingkat yang lebih tinggi daripada LDL, yang mengarah di profil risiko yang lebih baik dalam hal efek kardiovaskular, ” ujarnya, dikutip dari Health.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Penjual Telur Asin di Tegal: Tahun Kemarin Sudah Hancur!

Di atas apa yang para ilmuwan sekarang ketahui tentang efek kolesterol makanan pada tubuh, penelitian selalu menunjukkan bahwa orang yang makan telur tidak lebih buruk daripada mereka dengan tidak.

Ilustrasi telur rebus (Shutterstock).

Penelitian di dalam beberapa tahun terakhir urung menemukan hubungan antara konsumsi satu telur tiap hari dan penyakit jantung, apalagi pada orang yang genetiknya menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi lantaran biasanya.

Sebuah studi anyar yang diterbitkan dalam buku harian Heart menunjukkan bahwa santap telur bahkan dapat mempunyai efek perlindungan. Orang yang melaporkan makan hingga mulia telur per hari memiliki risiko 11% lebih rendah terkena penyakit jantung, dan risiko kematian 18% lebih rendah karenanya.  

Itu berlangsung semasa sembilan tahun berikutnya dibandingkan mereka yang tidak mamah telur. Mereka juga mempunyai risiko 26% lebih sedikit mengalami stroke hemoragik.

Tetapi penelitian tersebut, yang membabitkan hampir setengah juta karakter China, hanya dapat menunjukkan hubungan antara telur & kesehatan jantung, bukan hubungan sebab-akibat. Dan tidak tersedia kelompok dalam penelitian tersebut yang rata-rata makan lebih dari satu telur sehari.

Membaca Juga: Tanpa Salah Pilih, 5 Macam Saus Ini Bisa Picu Kolesterol Tinggi

Dr. Schulman mengatakan temuan studi ini tidak mengejutkan & merupakan bukti lebih tinggi bahwa telur tidak membatalkan bagi Anda.