52307-ilustrasi-gelas-berisi-air-putih

Alamiah Penyakit Darah Langka, Ibu Ini Tak Boleh Minum Lebih dari 1 Liter

Perkataan. com – Lantaran mengalami penyakit pembawaan yang sangat langka, seorang ibu di Inggris, Becky Roberts, tidak boleh minum lebih dari satu liter per hari. Sebab, bila ia minum terlalu banyak, justru bisa merenggut nyawanya.

Becky didiagnosa Penyakit Anti-GBM (Goodpasture’s), penyakit darah garib yang membuat sistem kekebalan tubuh secara keliru menggunakan organ vital, salah satunya ginjal.

Hingga saat ini, ginjal rani 43 tahun itu cuma berfungsi satu persen. Roberts juga telah kehilangan rambutnya karena kemoterapi dan berat badan menyusut sebanyak 38 kg. Ia tidak dapat minum lebih dari utama liter air dalam sehari, karena bisa membanjiri paru-parunya.

Agar bisa bertahan tumbuh, Becky membutuhkan donor buah dan operasi yang dilakukan paling lambat dalam waktu dua tahun ke depan.

Menyuarakan Juga: Apa Itu Galaktosemia, Penyakit Garib yang Baru Ditemukan dalam Indonesia?

“Saya diberitahu bahwa saya memiliki lima tahun untuk hidup serta itu tiga tahun yang lalu, jadi saya mempunyai dua tahun lagi, ” kata Becky dalam agenda BirminghamLive dikutip dari Mirror.

Diberitahu oleh dokternya, Becky mengetahui bahwa penyakit Anti-GBM yang dideritanya sangat jarang dan ditemukan setiap 10 tahun sekali. Bahkan jalan untuk selamat hanya mulia dari jutaan pasien.

Becky pertama kali datang ke rumah sakit pada 2018 dan mengira sakitnya karena keracunan makanan. Tetapi di dalam Januari 2019, kesehatannya memburuk hingga ia harus dirawat selama empat bulan di Rumah Sakit Heartlands. Masa itu fungsi ginjalnya sudah turun menjadi hanya 3 persen.

Becky bercerita, jika ia terlambat datang ke rumah rendah, kemungkinan nyawanya tidak tertunjang. Sebab saat itu penyakitnya telah menjalar hingga ke paru-paru. Ia kemudian pula harus menjalani biopsi di ginjal.

Asupan air dengan bisa ia minum tak boleh lebih dari 700 ml per hari. Dan tambahan air sebanyak 300 ml didapat dari makanan.

Menyuarakan Juga: Nusantara Belum Punya Laboratorium Buat Diagnosis Penyakit Langka

“Saya tidak suka tumbuh seperti ini. Saya cuma diperbolehkan minum 700 ml sehari. Jika saya menelan lebih banyak, air bakal mengalir ke seluruh tubuh saya, di sekitar jantung, dan saya berakhir di rumah sakit. Itulah dengan terjadi sebelumnya ketika saya mengalami koma. Mereka membuatku koma. Aku memiliki terlalu banyak air ketika paru-paru penuh dan aku tidak menyadarinya, ” cerita Becky.