29715-perempuan-alami-rambut-rontok-pixabayslavoljubovski

Alami Rambut Rontok Berlebih? Cek Kadar Androgen pada Tubuh Wanita!

Suara. com – Kerontokan bulu salah satu masalah kecantikan dengan dialami banyak wanita. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa perihal, salah satunya kelebihan androgen.

Karena, keunggulan androgen pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik bisa mempercepat kerontokan rambut.

Taat Mayo Clinic , wanita dengan PCOS memiliki keunggulan androgen (hormon pria). Jika ovarium menghasilkan androgen tingkat tinggi, maka mereka berisiko mengalami hirsutisme serta jerawat.

Hirsutisme adalah pertumbuhan rambut gelap dan kasar di wajah, dada dan punggung, yakni termasuk sifat khas pria yang memiliki rambut.

Baca Juga: Tak Libatkan Lansia, Kebijaksanaan Vaksinasi Virus Corona di Nusantara Dikritik

Gejala tambahan PCOS lainnya adalah periode menstruasi yang jarang, tidak teratur atau berkepanjangan. Halangan berkepanjangan naganaganya siklusnya lebih dari 35 hari atau kurang lantaran 9 kali menstruasi selama masa satu tahun.

Ilustrasi rambut rontok, pitak. (Pexels)
Ilustrasi bulu rontok, pitak. (Pexels)

Pada wanita PCOS, ovarium dalam sistem reproduksi bisa membesar dan berkembang banyak kumpulan kecil cairan (folikel) yang mengelilingi telur.

Jadinya, ovarium mungkin tidak melepaskan sel telur secara teratur sehingga bisa memengaruhi kesuburan wanita.

Tanda-tanda PCOS cenderung menjelma saat pubertas, tetapi juga bisa berkembang sebagai respons terhadap kenaikan berat badan yang substansial.

Pada wanita yang mengalami kerontokan rambut sebab androgen yang berlebihan, Harvard Medical School memastikan bahwa obat antiandrogen yang disebut spironolactone (Aldactone) dapat membantu mencegah kerontokan rambut lebih lanjut.

Baca Juga: Baru! Virus Corona Strain Colombus Ditemukan di Ohio Amerika Serikat

Tapi, obat yang diresepkan ini mungkin bisa membuat efek samping seperti penambahan mengandung badan, kehilangan libido, depresi, serta kelelahan.

Pada wanita tanpa PCOS, minoksidil adalah metode perawatan paling populer untuk mengatasi kerontokan rambut.

Harvard Medical School mencatat penelitian menegaskan bahwa minoksidil yang langsung dioleskan ke kulit kepala dapat merangsang pertumbuhan rambut.