Ahli: Pasien Covid-19 Gejala Ringan Tetap Berisiko Komplikasi Neurologis

Ahli: Pasien Covid-19 Gejala Ringan Tetap Berisiko Komplikasi Neurologis

Suara. com – Kompilasi neurologis mulai umum terjadi pada pasien Covid-19. Kondisi ini bisa menimbulkan stroke, kejang, hingga perubahan status psychological. Sayangnya komplikasi neurologis akibat Covid-19 bisa terjadi pada pasien dengan gejala sedang.

“Ada beragam mekanisme di mana Covid-19 dapat menyebabkan komplikasi neurologis. Komplikasi ini dapat terjadi akibat respons imunologis tubuh terhadap virus, ” ujar Dr. Pria Anand, Kepala Divisi Neurlogi pada Boston University School of Medicine pada Medical Information .

Studi ini dilakukan bekerja sama dengan rekan-rekan peneliti lain dari Departemen Neurologi dan Penyakit Menular pada Boston Medical Center, termasuk Drs. Anna Cervantes-Arslanian, Nahid Bhadelia, Davidson Hamer, Lan Zhou, dan Jesse Greer.

“Semua pasien yang dilibatkan dalam penelitian kami memiliki komplikasi neurologis dan mayoritas tidak sakit kritis, ” ujar dokter Anand.

Baca Juga: Jenis Baru Virus Corona pada Inggris yang Menular Cepat Ditemukan di Australia

“Ini menunjukkan bahwa komplikasi ini tidak terbatas sebatas pada pasien yang membutuhkan perawatan ICU atau ventilator, ” imbuhnya.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Melansir dari Healthcare News , dokter Pria Anand juga menyatakan bahwa kondisi kesehatan yang mendasari dapat mempengaruhi jamaah untuk mengalami komplikasi neurologis, misalnya pasien yang sudah memiliki penyakit ginjal kronis.

Komplikasi neurologis memang lebih umum pada pasien yang lebih tua, terutama mereka dengan kondisi penyakit yang mendasari. Namun beberapa penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang lebih muda dengan Covid-19 berisiko mengalami komplikasi neurologis yg parah seperti stroke.

“Fakta bahwa kami melihat komplikasi neurologis bahkan pada pasien yang tidak sakit kritis menunjukkan bahwa bahkan pasien dengan Covid-19 asimptomatik atau ringan yang bukan datang ke perawatan medis mungkin berisiko mengalami komplikasi ini juga, ” ujar dokter Anand.  

Baca Juga: Pengakuan Gibran Jokowi Soal Namanya di Pusaran Korupsi Bansos Covid-19