90535-ilustrasi-cegukan

6 Cara Mengatasi Cegukan secara Cepat dan Mudah, Selain Minum Air

Suara. com berantakan Ketika seseorang mengalami cegukan, salah mulia cara mengatasi cegukan dengan cepat dan mudah ialah minum air putih. Walaupun sebenarnya, cegukan bisa jatuh dengan sendirinya.

Selain menelan air, ada langkah lain sebagai cara mengatasi cegukan.   Dilansir dari alodokter, cegukan atau singultus merupakan kondisi di mana otot yang memisahkan perut dan dada (diafragma) berkontraksi minus disengaja. Diafragma sendiri mempunyai peranan penting dalam bentuk pernapasan manusia agar mampu berjalan normal.

Penyebab cegukan bisa berpangkal dari beberapa hal mudah seperti perubahan suhu mendadak, makan terlalu cepat, meminum minuman berkarbonasi, bahkan kegembiraan atau stress emosional. Cegukan pun sebenarnya bisa jatuh sendiri, namun terkadang suara ‘hik’ itu mengganggu kurang orang.

Cara Menyalahi Cegukan dengan Cepat & Mudah

Baca Juga: 7 Tips Pintar Mengatasi Cegukan yang Tidak Kunjung Berhenti

Beserta cara mengatasi cegukan selain meminum air putih:

1. Menahan napas

Cara satu ini pula cukup sering dilakukan, karena sangat mudah. Anda cuma perlu menahan napas sekitar 10-20 detik.

Lalu menelan saat dirasa cegukan akan muncul balik. Setelah itu, ulangi kejadian ini sebanyak 2-3 kali atau sampai cegukan mulai mereda.

2. Merapatkan mulut

Baca Juga: Jair Bolsonaro Mengambil Cegukan Kronis Selama 10 Hari, Kenali Penyebabnya!

Dilansir dari Reader’s Digest (readersdigest. ca) , cobalah menutup menduri lalu tetap bernapas bagaikan biasa dengan menggunakan hidung. Dengan begini, maka Kamu dapat mengeluarkan karbondioksida lebih banyak sehingga cegukan bisa lebih cepat mereda.